Obama Pahlawan Bagi Indonesia? Renungan Hari Pahlawan 10 November 2010


Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan. Namun hari ini tidak ada upacara peringatan hari pahlawan, adanya kita begitu sibuk menyambut Obama dan terpukau dengan kharismanya.
Apalagi saat Obama dengan santainya berpidato di UI tentang masa kecilnya di Jakarta. Cerita tentang penjual bakso, sate, bemo, toko Sarinah itu membuat hadirin tertawa dan bertepuk panjang. Obama telah mengambil hati bangsa Indonesia dengan kesederhanaannya, keramahannya, ketulusannya.
Yang lebih membuat rakyat Indonesia terhenyak saat Obama bicara tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan dia mengakui bahwa dia belajar demokrasi di Indonesia, belajar menghargai perbedaan.
Sedemikian besar pelajaran yang didapat Obama di Indonesia mengapa kita tidak mau mempelajari itu? mengapa kita tidak mau bersungguh-sungguh melaksanakan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan baru percaya atau menyadari saat orang lain Obama, Presiden Amerika yang menyampaikan!
Sebuah teguran bahkan tamparan bagi bangsa Indonesia di hari pahlawan! Bagi saya hari ini Obama jadi pahlawan dengan menyampaikan nilai-nilai bangsa yang mendasar yang telah lama kita abaikan.
Walau hari-hari ini begitu banyak pahlawan di Yogya dan sekitarnya, di Wassior, di Mentawai. Para relawan, petugas TNI mau pun polisi yang , tim SAR, PMI , pecinta alam dan suka relawan lain yang telah dengan ikhlas dan gagah berani mengevakuasi para pengungsi mau pun korban bencana alam di tiga tempat tersebut. Mereka juga bahu membahu mengurusi pengungsi, dari makanannya, tempat penampungan, dan kebutuhan-kebutuhan lain. Merekalah pahlawan kita , pahlawan masa kini.
Demikian pula rakyat di mana saja yang telah dengan ikhlas memberi bantuan baik berupa barang mau pun uang bahkan bisa pula berupa nasi bungkus. Dalam derita ternyata solidaritas kita sebagai bangsa sangat bagus. Semoga di saat keadaaan baik-baik saja pun solidaritas yang telah terpupuk ini bisa tetap berjalan dan bertahan.
Semoga musibah yang menimpa bangsa ini segera berlalu. Mari kita jadikan diri kita pahlawan, bagi diri sendiri , keluarga, sesama dan bagi bangsa Indonesia!

Iklan

2 responses to this post.

  1. Posted by Sang Penjelajah Malam on 10 November 2010 at 2:36 pm

    Udah saatnya kita kembali pada PANCASILA, yang sudah lama kita lupakan

    Balas

  2. Betul Mas Andi. Lama sekali pemimpin Indonesia tidak membicarakan Pancasila sampai seorang Obama yang mengatakannya. Terima kasih sudah berkunjung.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: