Gaya Hidup Sehat


Ramai-ramai berita tentang penarikan produk mi instan Indomi di Taiwan karena mengandung zat pengawet yang dalam jangka panjang berbahaya bagi tubuh, menandakan cara makan kita sudah tidak sehat. Jika konsumsi mi instan sudah menjadi kebiasaan tentu saja akibatnya tidak bagus untuk tubuh. Sesehat-sehatnya mi instan mengandung MSG, zat pengawet, pewarna. Jika sekali-kali saja kita makan sih tidak apa-apa, namun jika berulang-ulang zat yang berbahaya bagi tubuh itu menumpuk dan akan mengakibatkan gangguan kesehatan.
Baiklah pengetahuan saya tentang bahaya mi instan bagi kesehatan kurang memadai, jadi kita berbicara tentang gaya hidup sehat saja yang kebetulan saya pernah baca bukunya dan mencoba melaksanakannya walau belum sempurna.
Gaya hidup sehat berarti kita makan makanan yang sehat, bergizi, banyak sayur dan buah serta menghindari makanan kalengan atau makanan olahan seperti mi instan, buah kaleng, ikan kaleng, minuman bersoda atau soft drink. Usahakan buah dan sayur yang kita konsumsi merupakan tumbuhan organik yang hanya diberi pupuk organik dan tidak disemprot pestisida. Rokok , alkohol apa lagi obat-obatan berbahaya dan menimbulkan kecanduan jelas sesuatu yang harus dihindari.
Lemak dan gula juga dikonsumsi seperlunya saja tidak boleh berlebihan. Demikian pula penggunaan garam dibatasi, tidak berlebihan atau dikurangi.
Selain memperhatikan makanan , makan secukupnya juga melakukan olah raga secara teratur. Olah raga yang dilakukan bisa olah raga yang murah dan mudah dilaksanakan seperti lari atau jalan kaki. Jalan kaki di pagi hari lebih dianjurkan karena udara masih segar belum terpolusi. Jalan kaki ini baik jika dilakukan paling tidak dalam waktu 30 menit dan seminggu 3 kali. Tentu olah raga lain juga dianjurkan seperti senam , bersepeda, renang .
Olah raga membuat tubuh kita bugar dan menimbulkan rasa gembira.
Nah makan sudah diatur, olah raga sudah dilakukan teratur, masih ada hal lain yaitu istirahat cukup. Di antara waktu kerja kita sediakan saat jeda agar tubuh dan pikirna kita bisa relaks sejenak tidak terforsir. Sedang istirahat terbaik adalah tidur yang berkualitas. Tidur dalam sehari antara 7-8 jam baik untuk kesehatan. Tidur berkualitas artinya kita dapat tidur nyenyak dan bangun di pagi hari dalam keadaan segar.
Namun kesehatan juga bisa kita dapatkan dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan atau sikap religius. Dengan dekat kepada Sang Maha Pencipta hati kita jadi tenang dan secara psikhis kita sehat selain fisik .
Tak kalah penting dari hal-hal di atas adalah menjaga hubungan baik dengan pasangan, anak, keluarga, rekan kerja, tetangga, dan rekan bisnis.
Berusahalah untuk selalu gembira . Dengan hati riang apa pun yang kita hadapi kita merasa optimis membuat kesehatan kita lebih terjaga.
Semoga dengan bergaya hidup sehat kita dapat hidup sehat secara fisik, psikhis, dan sosial. Dengan menjadi manusia yang sehat insya Allah kita akan lebih bermanfaat bagi diri, keluarga, nusa dan bangsa.

Iklan

2 responses to this post.

  1. selama tinggal di hutan kayaknya hidup saya lumayan sehat.
    1. mie instan, udah jarang dikonsumsi sejak 2 tahun lalu
    2. setiap pagi dan sore olahraga jalan kaki, turun naik tangga 100 kali.
    3. udara bersih sedikit polusi
    4. istirahat cukup, tidur jam 9 bangun jam 5 subuh.
    5. makan 3x sehari.
    6. tidak merokok

    apalagi ya?

    sayangnya, setiap hari selalu makan-makanan kaleng.

    -agungsmail-

    Balas

  2. Terima kasih tambahannya Agung, semoga semakin sehat!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: